RSS

Odontektomi! (1)

02 Nov

Rabu, 29 Oktober 2014  akan menjadi salah satu hari yang tidak akan pernah saya lupakan. Hari ini, setelah sekian lama akhirnya saya memberanikan diri untuk melakukan odontektomi.

Kalo tidak salah ingat, kurang lebih empat tahun yang lau waktu saya masih kuliah, saya pernah sakit gigi. Karena  minum obat belum sembuh juga, akhirnya saya periksakan ke dokter gigi di klinik kampus. Dari dokter yang memeriksa, katanya ada gigi yang memang sudah mulai berlubang. Dan ada pula gigi saya yang paling ujung (gigi gusi) juga katanya harus dicabut. Dokternya tidak memberikan penjelasan lebih lanjut, cuma jika ingin mencabut gigi tersebut, harus ke rumah sakit, karena di klinik tersebut tidak bisa karena keterbatasan alat dan tenaga. AKhirnya balik, diberikan obat dan gigi saya sudah nggak sakit lagi. Jadi nggak terpikirkan lagi harus ke rumah sakit untuk cabut gigi segala.. 😉

Setelah sekian lama, tepatnya juni 2014 (sebelum puasa), gigi saya terasa sakit kembali. Ah, sangat menyiksa rasanya. Efeknya kepala jadi pusing sebelah (migrain) dan mau apa-apa jadi nggak enak rasanya. Akhirnya dengan mau nggak mau akhirnya saya pergi ke dokter gigi kembali. Kali ini saya pergi ke dokter gigi di RSUD Tarakan, yang notabene lokasinya deket dengan tempat saya. Setelah ketemu dengan dokter dan didiagnosis oleh Bu Dokter, katanya  memang harus dicabut gigi susu yang paling belakang. Gigi paling belakang impaksi dan sudah bolong besar banget katanya. Maksudnya gimana sebenarnya belum gitu ngerti juga, tapi intinya harus di cabut. Wajib. Dan saran dari dokter tidak bisa langsung dicabut, harus dilakukan bedah mulut, dan dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut. Waduh! Tidak ada alasan lagi kali ini. Dari dokter ini dikasi resep, semacam obat anti biotik sepertinya, dan  harus diminum seminggu sebelum nanti melakukan operasi bedah mulutnya. Dokter juga ngasi rujukan ke Lab untuk melakukan rongten panoramic untuk untuk mengetahui posisi gigi yang impaksi. Akhirnya setelah konsul ke dokter, nebus obat dan pulang.

Posisi saat periksa itu persis seminggu sebelum puasa, jadi saya pikir daripada puasa-puasa melakukan operasi cabut gigi, mending nanti saja abis puasa baru ke dokter lagi. Karena obat dari dokternya ketika mau operasi, dan berhubung operasi akan saya pending, jadi obat nggak saya minum dan rontgen pun gak jadi. Hehehe..

AKhirnya lebaran tiba. Mudik. Dan setelah libur (cuma) seminggu akhirnya balik lagi ke Jakarta. Begitu balik ternyata kerjaan mulai banyak, dan proyek baru pun mulai. Akhirnya, karena gigi masih bisa dikompromi akhirnya rencana ke dokter gigi setelah lebaran pun lewat juga. Ahaha. Tapi ini tidak bertahan lama, seperti yang sudah kuduga, kurang lebih selang dua bulan gigi sakit kembali. Ah, ini sepertinya emang harus bener-bener dicabut. No more excuse! Dalam hati rasanya niatnya uda 1000%. Yang uda pernah ngerasain sakit gigi pasti tau betapa menderitanya sakit gigi, LOL!

Pada akhirnya tanggal 22 Oktober saya ke dokter gigi lagi, kali ini saya ke RS Pelni, Petamburan. Pagi-pagi bolos kerja, niat banget ke dokter (demi kebaikan bersama). Pagi itu, jam 9 akhirnya saya ketemu dokter, kali ini saya konsul ke drg. Nila Sari. Dan sama, setelah konsul dan diperiksa, ya memang gigi harus dicabut, karena gigi impaksinya udah bolong besar. Dari drg. Nila diminta rontgen panoramic gigi dan dikasi resep obat. Karena berhubung obat yang dulu dari RS Tarakan masih belum tak minum, jadi cuma dikasi obat tambahan aja.

IMG_20141028_155345

Nah, kurang lebih itulah hasil rontgen. Gigi paling kanan impkasi dan sudah bolong gede banget. Heee..

Akhirnya minggu depan dischedulkan untuk dilakukan odontektomi oleh Prof. Setyo, yang notabene adalah Dokter gigi spesialis bedah mulut.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on November 2, 2014 in Cerita

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: