RSS

TAKWA

27 Oct
TAKWA

Allah swt berfirman :

“Dan siapakah orang yang lebih benar perkataannya daripada Allah?” (QS an-Nisaa’ ayat 87)

Dalam ayat-Nya yang lain, Allah swt berfirman :

“Dan siapakah orang yang lebih dipercaya perkataannya daripada Allah?” (QS an-Nisaa’ ayat 122)

Dalam ayat-Nya yang lain, Allah swt Berfirman :

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya. Dan janganlah sekali-sekali engkau mati melainkan dalam keadaan beragama islam.

Dan berpeganglah kalian semuanya kepada (tali) Agama Allah, dan janganlah kalian bercerai berai. Ingatlah atas nikmat Allah kepadamu, ketika engkau dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah menjinakkan antara hatimu.

Lalu menjadilah kalian karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara, dan engkau telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkanmu daripadanya. Demikian Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kalian mendapat petunjuk.

Dan hendaklah ada diantara kalian segolongan umat yang menyeru pada kebajikan, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Dan janganlah kalian menyerupai orang-orang yang bercerai berai dan berselisih sesudah datangnya keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat.” (QS al-Imran ayat 102 – 105)

Firman Allah yang artinya : “Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa kepada-Nya.” Merupakan perintah dari Allah swt kepada para hamba-Nya yang beriman untuk bertakwa kepada-Nya. Seakan-akan dalam hal ini Allah swt telah mengumpulkan segala kebaikan dunia akhirat dalam ketakwaan. Kepada orang-orang yang beriman, Allah swt perintahkan untuk bertakwa agar mereka mendapat kebaikan dan kebahagiaan yang Allah swt himpun di dalamnya sebagai tanda kasih sayang-Nya bagi para hamba-Nya yang beriman. Dan sesungguhnya Allah swt Maha penyayang kepada orang-orang yang beriman.

Takwa merupakan wasiat Allah swt, Tuhan alam semesta untuk seluruh makhluk dari generasi pertama maupun yang paling akhir. Dalam hal ini Allah Sswt berfirman :

“Dan sesungguhnya Kami telah memerintahkan keapda  orang-orang yang diberi Kitab sebelum kami dan juga kepadamu. Maka dari itu bertakwalah kepada Allah.” (QS an-Nisaa’ ayat 131)

Jadi, tidak ada suatu kebaikan pun di dunia dan akhirat, yang dzahir maupun yang batin melainkan ketakwaan adalah jalan satu-satunya untuk mencapainya. Demikian pula tiada keburukan di dunia dan akhirat, yang dzahir maupun batin, melainkan ketakwaan adalah benteng yang kokoh untuk melindungi diri darinya dan selamat dari mara bahaya.

Islamic_Wallpaper_Quran_002-1366x768

Betapa banyak Allah menyejajarkan dalam Kitab-Nya yang mulia, tentang ketakwaan dengan keberuntungan, serta kebahagiaan yang besar. Diantaranya kebersamaan Allah swt dalam penjagaan-Nya yang lembut. Dalam hal ini, Allah swt berfirman :

“Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah bersama orang-orang yang bertakwa.” (QS al-Baqarah ayat 194)

Dalam ayat-Nya yang lain, Allah SWT berfirman :

“Dan bertakwalah kepada Allah, maka Allah akan mengajarkanmu.” (QS al-Baqarah ayat 282)

Diantaranya kita bisa membedakan saat timbulnya kesamaran serta kebingunga, adanya penghapusan kesalahan dan pengampunan dosa. Dalam hal ini, Allah SWT berfirman :

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahan dan mengampuni dosa-dosamu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS al-Anfaal ayat 29)

Dalam hal ini, Allah swt berfirman :

“Dan tidak ada seorang pun daripadamu, melainkan mendatangi dari neraka itu. Hal itu adalah suatu kepastian yang sudah ditetapkan. Kemudian kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa. Dan membiarkan orang-orang yang dzalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.” (QS Maryam ayat 71 – 72)

Dalam ayat-Nya yang lain, Allah swt berfirman :

“Dan Allah menyelamatkan orang-orang yang bertakwa karena kemenangan mereka. Ketahuilah, bahwa mereka tiada disentuh oleh adzab (neraka dan tidak pula) mereka berduka cita.” (QS az-Zumar ayat 61)

Diantara manfaat bertakwa adalah solusi serta jalan keluar dari berabagai macam kesulitan, dan juga dapat mendatangkan rezeki yang tiada terduga-duga, serta kemudahan dan pahala yang besar. Sebagaimana firman Allah swt :

“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar. Dan memberikan rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS ath-Thalaq ayat 2-3)

Dalam ayat-Nya yang lain, Allah swt berfirman :

“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menutupi segala kesalahan-kesalahnya dan akan melipatgandakan pahala baginya.” (QS ath-Thalaq ayat 5)

Diantara kebaiakn itu adalah jaminan Allah swt untuk mendapatkan surga. Dalam hal ini, Allah swt  berfirman :

“Itulah surga yang akan Kami berikan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa.” (QS Maryam ayat 63)

Jadi, kemuliaan disisi Allah swt hanyalah diukur dengan ketakwaan. Bukanlah karena nasab, harta benda, ataupun yang lainnya. Berapa banyak Allah swt dan Rasuln-Nya menjanjikan akan kebaikan, kebahagiaan, derajad yang tinggi, serta berapa banyak keberuntungan yang tidak terhitung yang dapat diperoleh melalui jalan ketakwaan.

Betapa indahnya gubahan syair mengenai hal ini : “Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, maka itulah orang yang digiring kepadanya segala perdagangan yang menguntungkan.” Penyair lainnya berkata : “Barang siapa yang mengenal Allah, akan tetapi tidak cukup baginya pengenalan Allah, maka itulah orang yang celaka. Tidak akan berbahaya bagi orang yang taat apa yang ia  peroleh dan apa yang ia jumpai dalam menjalankan taat kepada Allah. Apa yang akan diperbuat hamba dengan kekayaan sedangkan segala kemuliaan hanyalah diperuntukkan bagi yang bertakwa'”

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 27, 2014 in an-Nashoih ad-Diniyyah, Kitab

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: